Perkembangan Ekonomi Indonesia

Perkembangan Ekonomi Indonesia 2010 2011Perkembangan Ekonomi Indonesia : Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, ada kemungkinan target pertumbuhan ekonomi indonesia dalam RAPBN 2010 naik dari target yang ditetapkan sebesar 5,0 persen.

“Kesepakatan dengan DPR kan kisarannya 5-6 persen, nanti kita lihat pembahasan lebih lanjut dengan DPR,” katanya usai upacara peringatan HUT ke-64 Kemerdekaan RI di Departemen Keuangan Jakarta, Senin (17/8).

Kenaikan target pertumbuhan ekonomi RAPBN 2010, kata Menkeu, juga dimungkinkan dengan perkembangan sampai semester I 2009 yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dari perkiraan.

“Tampaknya kondisi semester I tidak seburuk yang dibayangkan dan semester II kita akan hati-hati meskipun dari sisi pertumbuhan ekonomi pada sektor investasi kita harus tetap pantau dengan baik,” katanya.

Menurut dia, penetapan target pertumbuhan ekonomi dalam RAPBN 2010 lebih dari lima persen bukanlah sesuatu yang tidak mungkin, namun harus dilihat dulu faktor-faktor yang menyumbangnya.

Sebelumnya, sejumlah fraksi di DPR menilai asumsi target pertumbuhan ekonomi dalam RAPBN 2010 sebesar 5,0 persen terlalu rendah padahal sejumlah faktor memungkinkan penetapan di atas angka itu.

Penilaian itu dilontarkan oleh Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) dan Fraksi Partai Golkar (FPG).

#039;Beberapa asumsi makro ekonomi yang digunakan dalam penyusunan RAPBN 2010 perlu dievaluasi untuk membangun semangat optimisme dalam rangka pemulihan dari krisis,” kata juru bicara FPKS, Rama Pratama.

Rama menyebutkan, kinerja pertumbuhan ekonomi dalam 2 tahun terakhir sesungguhnya telah menggambarkan capaian yang patut diapresiasi. “Meski banyak negara mengalami pertumbuhan ekonomi negatif akibat krisis ekonomi global, tahun 2008 ekonomi Indonesia masih tumbuh 6,1 persen.”

Menurut FPKS, capain itu tentu karena berbagai upaya dan langkah kebijakan yang diambil pemerintah. Oleh karena itu pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan 5 persen pada 2010, perlu didorong menjadi lebih besar.

FPG melalui juru bicaranya Kahar Muzakir mengusulkan agar pertumbuhan ekonomi ditetapkan sebesar 6,0 persen. Sementara untuk target inflasi, diusulkan sebesar 5,0 persen, nilai tukar rupiah Rp10.000 perdolar AS dan rata-rata tingkat bunga SBI 3 bulan 6,5 persen. Ketiganya sama dengan angka di Nota Keuangan dan RAPBN 2010.

Untuk harga minyak, FPG mengusulkan angka 65 dolar AS perbarel dari angka di Nota Keuangan sebesar 60 dolar AS.

Ok, demikian Info Perkembangan Ekonomi Indonesia. Semoga bermanfaat.......

Tentang saifulbahrisdb

Learner and hope useful for u. life in Medan, Born 22April1988 Visit my website http://www.hastos.info/ : Home design images ideas download for free
Pos ini dipublikasikan di Ekonomi Keuangan dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Perkembangan Ekonomi Indonesia

  1. sempulur berkata:

    Kalau didera bencana begini apa mungkin bisa mencapai perkembangan ekonomi ya ?
    Semoga bencana segera berhenti di Negeri ini

  2. ukhty Niar berkata:

    kk’ kk ndag bahas mazlah ekonomi makro sihhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s